APA YANG HARUS KAMU LAKUKAN SAAT HUBUNGAN SEKS TERASA SAKIT

Posted by in Uncategorized Tag:, , , on Sabtu, 18 Maret 2017 Comments off

“Tips Supaya Hubungan Seks Tidak Terasa Sakit………….

Beberapa tahun yang lalu, Pusat Penyuluhan Kesehatan Seksual di Indiana University melaporkan bahwa 30% wanita usia 18-59 tahun mengalami rasa sakit selama interaksi seksual. 30 persen! Angka yang sangat mengejutkan.

Nyeri saat berhubungan seksual memang tidak terlalu banyak dibahas. Banyak wanita yang memiliki anggapan bahwa seks seharusnya atau sewajarnya memanglah tidak nyaman, sehingga memaksakan diri mereka untuk terus merasakan rasa sakit saat berhubungan seksual. Kurangnya wacana hanya melanggengkan kecenderungan pemahaman yang salah tersebut. Ketika Seseorang khususnya pada wanita yang terbiasa berhubungan seks secara menyakitkan, otak akan mulai mengasosiasikan seks dengan nyeri. Jika terus berkelanjutan maka stres mental ini justru hanya akan memperburuk keadaan.

Jika kamu ingin terhindar dari rasa sakit saat berhubungan seksual, sebenarnya banyak sekali cara yang dapat di explore bahkan dimulai dengan cara yang sederhana. Berikut beberapa ulasannya:

Menanamkan Pendidikan Seksual pada Diri Sendiri

Pendidikan seksual melingkupi segala aspek, bukan hanya tips cara bercinta/berhubungan seks, tetapi juga bagaimana kamu mampu mengontrol emosi dan berkomunikasi dengan pasangan kamu terutama ketika merasakan nyeri saat berhubungan seksual.

Pendidikan seks juga bertujuan untuk memahami rasa sakit atau nyeri saat bersenggama. Apakah nyeri tersebut normal atau tidak?

Ada banyak jenis dan penyebab nyeri saat berhubungan seks;

Dispareunia adalah istilah untuk nyeri selama berhubungan seksual. Dispareunia atau painful intercourse sering muncul secara terus-menerus atau sewaktu-waktu di daerah kemaluan dan terjadi sesaat sebelum, selama, atau sesudah berhubungan seksual. Vagina, klitoris, dan labia adalah area-area yang umumnya terasa sakit ketika penderita dispareunia melakukan hubungan seksual. Dispareunia dapat disebabkan oleh vaginismus atau trauma urogenital lokal atau kondisi peradangan seperti robekan hymen, laserasi labial, uretritis, atau kondisi peradangan pada kelenjar labial atau vagina (vaginitis).

Vaginismus mengacu pada kontraksi vagina yang dapat menyebabkan rasa sakit. Vaginismus sendiri merupakan disfungsi seksual yang terjadi pada wanita berupa kekejangan abnormal otot vagina sepertiga bagian luar dan area sekitar vagina.

Vaginismus bisa menyerang wanita diberbagai tahapan usia. Mulai dari usia ketika seorang wanita sudah aktif secara seksual, sampai wanita yang sudah berusia lanjut atau tua.

Nyeri seksual juga dapat diakibatkan oleh kondisi lain seperti sistitis internal endometriosis, kista ovarium, fibroid, tumor, atau kekeringan vagina. Infeksi menular seksual seperti vaginosis bakteri dan klamidia dapat pula mengakibatkan rasa sakit. Kamu juga dapat mengalami rasa sakit jika memiliki selaput dara yang sepenuhnya atau sebagian utuh,dan sebaliknya pasanganmu memiliki penis yang sangat besar sehingga menghantam Cervix (Leher Rahim) saat penetrasi.

Pengalaman pelecehan seksual juga dapat menyebabkan  nyeri saat berhubungan seksual. Traumatik secara seksual, seperti pemerkosaan dapat berkelanjutan hingga masa menikah. Rasa nyeri itu akan timbul akibat trauma psikis, hal tersebut merupakan vaginismus sekunder.

Mengelola Nyeri seks Pribadi

Selain bantuan Ahli terapi seks atau dokter spesialis masalah seksual, gangguan nyeri pada saat berhubungan seksual juga dapat dikelola secara pribadi. Kamu dapat meminimalkan rasa sakit saat berhubungan seksual dengan tips berikut ini:

  • Gunakan BANYAK lube atau pelumas. Salah satu penyebab utama nyeri seksual adalah kekeringan vagina. Ada stigma terhadap produksi pelumas alami yang cukup pada wanita, sehingga banyak wanita yang ragu-ragu untuk menggunakan pelumas buatan. Hal itu tentulah tidak 100% benar, Jika kamu mengalami sedikit ketidaknyamanan saat berhubungan seks, pelumas bisa menjadi jalan alternative penyelesaiannya. Lube/pelumas tidak hanya dapat mengurangi nyeri seksual, tetapi juga dapat memperkuat sensasi menyenangkan saat berhubungan seks.
  • Mengoptimalkan Foreplay. Banyak wanita terlalu cepat melakukan hubungan intim sebelum tubuh mereka siap untuk mencapai puncak orgasme. Sulit bagi tubuh wanita untuk mendapatkan cukup pelumasan jika terlalu cepat melakukan foreplay atau melewatkan sama sekali. Jika kamu terangsang sebelum berhubungan seks, kamu akan cenderung mengalami ketidaknyamanan.
  • Ambil kendali pada saat penetrasi. Pegang penis pasangan kamu, dan masukkan secara berirama dan terkontrol. Lakukan dengan perlahan dan senyaman yang kamu rasakan.
  • Rubah posisi seks kamu. WOMAN ON THE TOP merupakan posisi yang tepat karena bukan hanya posisi ini menjadikan kamu mudah mengontrol penetrasi tetapi juga dapat mengatur kedalaman, sudut dan ritme gerakan. Komunikasikan juga dengan pasangan kamu untuk melakukan salah satu posisi seks yang juga baik dan nyaman buat kamu salah satunya posisi seks SPOON yang bertujuan untuk penetrasi dangkal.
  • Berikan lebih perhatian pada titik rangsangan kamu yang mudah untuk membuat kamu orgasme. Misalnya klitoris. Klitoris bisa menjadi tempat untuk mendapatkan rasa ekstra menyenangkan. Klitoris juga tidak akan memberikan rasa nyeri dan justru biasanya lebih menyenangkan dibanding saat pasangan langsung melakukan penetrasi.
  • Jangan dipaksakan jika rasa sakit mengganggu kamu. Nyeri saat berhubungan seks akan membuat kamu frustasi. Meluangkan waktu sejenak dengan focus ke kegiatan atau hal lain sangat berguna buat kamu. Dan kamu dapat mencoba lagi untuk mulai melakukan aktifitas seksual jika kamu sudah merasa sanggup.
  • Latih otot PC kamu. Ketika kamu buang air kecil dan mencoba menahan aliran kencing tersebut dengan melakukan kontrol terhadap otot sekitar alat kelamin, maka otot yang digunakan menahan aliran kencing itulah yang disebut sebagai otot PC. Cara mengetahui kondisi otot PC adalah dengan memasukkan sebuah jari yang telah dicuci bersih ke dalam Vagina kemudian mencoba melakukan kontraksi pada otot PC. Bila benar, maka seharusnya jari tersebut merasa seperti diremas. Bila tidak terasa diremas ada dua kemungkinan yaitu Otot PC lemah atau belum berhasil menggerakan otot PC. Cara melatih otot PC salah satunya yaitu dengan melakukan Senam Kegel.
  • Mengatur pernafasan. Bernafas! Mengatur pernafasan sangatlah penting. Jika tubuh kamu terbiasa dengan rasa nyeri saat berhubungan seks, kamu secara alami akan tegang. Cobalah untuk meredakan ketegangan kamu dengan bernafas secara dalam melalui hidung dan keluar melalui mulut Anda. Visualisasikan mengirimkan napas kamu di seluruh tubuh, sehingga ketegangan kamu akan lambat laun berkurang.

 

Penulis : A. FANANI

Sumber : #Dari Berbagai Sumber